Tugas 2 SDM Pada Perusahaan dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Nama  : Khalimatussadiyah
Kelas  : 4IA22
NPM   : 59413796
Dosen : Rina Noviana

SDM (Sumber Daya Manusia)


    Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan salah satu faktor yang sangat penting bahkan tidak bisa dilepaskan dari sebuah organisasi, baik perusahaan ataupun instuisi. Selain itu, SDM juga merupakan faktor yang mempengaruhi perkembangan suatu perusahaan.

Perencanaan

    Perencanaan sebenarnya adalah suatu cara “rasional” untuk mempersiapkan masa depan Becker (2000) dalam Rustiadi (2008 h.339). Sedangkan menurut Alder (1999) dalam Rustiadi (2008 h.339) menyatakan bahwa :

“Perencanaan adalah suatu proses menentukan apa yang ingin dicapai di masa yang akan datang serta menetapkan tahapan-tahapan yang dibutuhkan untuk mencapainya. Sebagian kalangan berpendapat bahwa perencanaan adalah suatu aktivitas yang dibatasi oleh lingkup waktu tertentu, sehingga perencanaan, lebih jauh diartikan sebagai kegiatan terkoordinasi untuk mencapai suatu tujuan tertentu dalam waktu tertentu. Artinya perencanaan adalah suatu proses menentukan apa yang ingin dicapai di masa yang akan dating serta menetapkan tahapan-tahapan yang dibutuhkan untuk mencapainya.
Rekruitmen

Pengertian

    Rekrutmen adalah proses mencari, menemukan, mengajak dan menetapkan sejumlah orang dari dalam maupun dari luar perusahaan sebagai calon tenaga kerja dengan karakteristik tertentu seperti yang telah ditetapkan dalam perencanaan sumber daya manusia

ANALISIS MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DI KFC


1. Analisis Jabatan

Tugas dari masing-masing jabatan :
- Restaurant Manager bertanggung jawab atas Restaurant dan semua yang bertugas di restaurant tersebut dan menginput data penjualan untuk dikirimkan kepusat.
- Assistant Manager (1) bertanggung jawab atas cashier dan petugas cashier yang bekerja pada restaurant tersebut.
- Assistant Manager (2) bertanggung jawab atas petugas shift control atau gudang untung mengecek keluar masuknya bahan bahan makanan.

2.  Perencanaan SDM

    Dalam satu restaurant makanan cepat saji dibutuhkan 18 orang pekerja termasuk staf-stafnya. Pada ke-18 pegawai termasuk staf-stafnya dibagi menjadi 3 shiff untuk selalu melayani costumernya karena restaurant cepat saji tersebut buka 24 jam setiap harinya, yaitu : pagi – sore, sore – malam, malam – pagi.

3. Rekrutmen

    Proses rekrutmen terbagi menjadi dua, yaitu eksternal dan internal. Untuk rekrutmen eksternal yaitu rekrutmen yang berasal dari orang luar bagi yang ingin mendaftar menjadi pegawainya yaitu dengan mendaftarkan diri pada KFC pusat yang berada di Jakarta atau dengan mengirimkan surat lamaran kerja dan data diri melalui kantor pos, dan untuk rekrutmen internal yaitu berasal dari orang dalam atau pegawainya yang sudah bekerja cukup lama dan berpengalaman jika ada posisi yang kosong diatasnya akan mengisi posisi yang kosong diatasnya tetapi hal ini ditentukan dari jejak kerjanya dan kantor pusat yang berwenang.

4. Seleksi

    Proses seleksi SDM yang dilakukan pada perusahaan restaurant cepat saji tersebut semua dilakukan dikantor pusat KFC Indonesia yang berada di Jakarta dan nanti bagi karyawan yang diterima akan ditempatkan didaerahnya masing-masing. Untuk setiap jabatan juga ada kriteria tertentu, seperti untuk menempati jabatan Restaurant Manager minimal pendidikan orang tersebut adalah sarjana, dan untuk Assistant Manager minimal pendidikan orang tersebut SMA atau sederajat sampai sarjana, dan penampilan sampai tinggi badan semua dinilai dalam proses seleksi perekrutan pegawai.

5. Orientasi dan Penempatan

    Pada karyawan yang baru diterima ada masa orientasi, yaitu diberi masa orientasi 2 hari dan 2 bulan masa training pada restaurant tersebut. Penempatan kerja ditentukan oleh pusat dari hasil seleksi.

6. Pelatihan dan Pengembangan

    Pelatihan dan Pengembangan diberikan pada masa training dan orientasi agar pada saat bekerja pegawai baru tersebut sudah mengerti dan tidak bingung apa yang harus dilakukan pada jabatannya.

7. Perencanaan Karir

    Perencanaan karir di KFC berupa bisa berupa kenaikan jabatan ketika pegawai tersebut sudah lama berkerja dan pengalamannya luas tentang perusahaan tersebut. Selain itu, bisa juga jika ada posisi yang kosong diatasnya, maka pegawai dengan posisi dibawahnya akan mengisi posisi yang kosong tersebut tetapi hal ini ditentukan dari jejak kerjanya dan kantor pusat yang berwenang.

8. Penilaian Kinerja

    Penilaian kerja dilakukan setiap bulannya, penilaian di nilai dari kehadiran dan keuletan pegawai tersebut, dan bagi pegawai teladan setiap bulannya akan diberikan hadiah yaitu berupa uang cash.

9. Kompensasi Finansial Langsung

   Kompensasi yang diterima oleh pegawai sesuai dengan UMR kota tempat beradanya outlet tersebut. Selain itu, ada bonus yang diterima pegawai jika performa dan loyalitas nya tinggi terhadap perusahaan.

10. Tunjangan dan Imbalan Nonfinansial

    Setiap pegawai yang bekerja di KFC diberikan oleh perusahaan tunjangan berupa BPJS. Contoh di umrohkan.... penialaian pegawai terbaik...

11. Keselamatan dan Kesehatan Kerja

    Faktor K3 pada setiap restaurant sudah dilengkapi, contohnya seperti : alat pemadam kebakaran, papan untuk memberitahukan lantai licin, lantai yang dibedakan warnanya agar costumer tau bagian lantai untuk berjalan dan memesan juga bagian lantai untuk duduk dan menyantap makanan. Ada area khusus merokok juga.

12. Serikat Pekerja dan Hubungan Industrial

Serikat pekerja ada bertempatan di jakarta.


Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Di Matahari


    Melalui program tanggung jawab sosial Perseroan, Matahari melaksanakan praktik pelayanan sosial dan lingkungan yang baik untuk memberikan dampak positif bagi kehidupan masyarakat.Melalui program tanggung jawab sosial Perseroan, Matahari melaksanakan praktik pelayanan sosial dan lingkungan yang baik untuk memberikan dampak positif bagi kehidupan masyarakat.

    Hubungan kerja sama Matahari yang terjalin sejak lama dan kooperatif dengan mitra usaha dan pemasoknya, serta inspeksi rutin atas pabrik-pabrik oleh pihak ketiga memberikan jaminan yang cukup kuat bahwa para pemasok telah memenuhi kewajiban mereka sehubungan dengan prakrik kerja, kesehatan dan keselamatan kerja karyawan serta pengelolaan lingkungan yang baik. Jika Perseroan mengetahui ada pemasok atau mitra yang tidak patuh, hubungan tersebut akan dihentikan.

KEPEDULIAN TERHADAP LINGKUNGAN


    Sebagai peritel department store, menyediakan tas belanja plastik untuk kenyamanan pelanggannya merupakan suatu kewajiban. Namun, apabila tidak dibuang dengan benar, maka tas belanja plastik ini dapat menyebabkan berbagai bentuk polusi lingkungan yang mempercepat pemanasan global. Sejak tahun 2011, Matahari menggunakan tas plastik biodegradable, yang dapat terurai secara biologis dalam waktu dua sampai empat tahun. Kebijakan ini diterapkan di seluruh gerai Matahari.

    Salah satu inisiatif Matahari untuk mengurangi konsumsi energi adalah menggunakan pencahayaan LED yang hemat energi. Inisiatif ini pertama diimplementasikan di sejumlah gerai baru dan gerai yang sudah ada pada tahun 2013. Berdasarkan evaluasi, penggunaan lampu LED telah mengindikasikan penurunan penggunaan energi pada gerai, sehingga kami melanjutkan program ini ke seluruh gerai baru serta mengganti pencahayaan dengan LED di gerai lama. Pencahayaan LED telah dipasang di 67 gerai pada akhir tahun 2015, dan Matahari sedang dalam proses implementasi pencahayaan LED di seluruh gerainya serta pusat distribusi hingga akhir tahun ini untuk terus mengurangi konsumsi energi. Secara rata-rata, setiap gerai akan mengurangi konsumsi energi pencahayaan sekitar 80%, yang ekuivalen dengan mengurangi 280 ton emisi karbon per tahun.

MENGHARGAI KARYAWAN KAMI


    Kebijakan sumber daya manusia Matahari dirancang untuk meningkatkan kesejahteraan dan produktivitas karyawan, serta menaikkan retensi karyawan dengan menyediakan lingkungan kerja yang memotivasi dan bermanfaat. Salah satu elemen utama untuk mencapai hal tersebut adalah dengan memelihara hubungan yang harmonis dan konstruktif antara Manajemen dan karyawan. 

Matahari memiliki kebijakan anti diskriminasi yang ketat dan berkomitmen untuk menyediakan kesempatan kerja yang adil dalam seluruh praktik rekrutmen, pengembangan karir dan praktik ketenagakerjaan lainnya. Apabila memungkinkan, Perseroan memprioritaskan rekrutmen lokal dan promosi internal. Manajemen meyakini bahwa kebijakan dan praktik sumber daya manusia Matahari telah memberikan kontribusi terhadap tingkat pergantian (turnover) karyawan Perseroan yang rendah, tingkat kepuasan kerja yang tinggi dan tidak adanya gangguan ketenagakerjaan dalam beberapa tahun terakhir.

PERLINDUNGAN KONSUMEN


    Sebagai usaha yang berorientasi kepada konsumen, Matahari mempunyai tanggung jawab untuk mengakui dan melindungi hak-hak konsumen, termasuk hak mereka untuk mendapatkan lingkungan berbelanja yang aman. Kami menjamin bahwa semua gerai kami mematuhi seluruh kode dan standar bangunan, serta dilengkapi dengan fitur keamanan seperti alarm kebakaran, sistem penyemprot air dan akses menuju pintu dan tangga darurat. Selain itu, tata ruang dan fasilitasnya dirancang untuk kenyamanan dan keamanan konsumen.

    Keamanan produk adalah prioritas, terutama barang-barang yang dirancang untuk anak-anak. Seluruh produk untuk bayi yang dijual di Matahari memiliki sertifikasi kualitas SNI (Standar Nasional Indonesia). Walau begitu, apabila terdapat kerusakan, produk-produk Matahari dilindungi oleh kebijakan jaminan dan garansi, dan kebijakan penukaran kami memperbolehkan konsumen untuk menukar barang tertentu dengan barang sejenis dalam waktu 7 hari setelah pembelian. Setiap keluhan pelanggan dipantau dan diarahkan ke departemen terkait untuk ditangani jika diperlukan.

    Konsumen Matahari memiliki akses ke beberapa saluran untuk menyampaikan keluhan, memberikan saran, dan meminta informasi. Selama jam operasional gerai, konsumen dapat datang langsung ke meja pelayanan pelanggan di dalam gerai, atau menghubungi call centre Halo Matahari melalui telepon. Call centre yang dibuka dari pukul 08.00 hingga pukul 22.00 selama tujuh hari dalam seminggu ini dikelola oleh operator pelayanan pelanggan yang terlatih. 

    Matahari terus mendapat pengakuan atas kinerjanya dalam hal kualitas pelayanan pelanggan, termasuk memperoleh posisi kedua, untuk kedua kalinya secara berturut-turut, dari seluruh Perseroan di Indonesia pada National Customer Service Championships 2015 yang diselenggarakan oleh Carre-CCSL. Manajemen meyakini penghargaan ini merefleksikan komitmen Matahari untuk terus menanamkan budaya yang berorientasi kepada konsumen ke dalam organisasi Perseroan.


KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA KARYAWAN

    Perseroan berkomitmen untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman di semua gerai, pusat distribusi dan kantor pusat. Semua karyawan yang terlibat dalam operasi logistik dan distribusi memahami panduan keamanan kerja khusus untuk pekerjaan mereka. Sementara staf gerai berpartisipasi dalam latihan kebakaran yang rutin serta prosedur keamanan kerja lainnya yang diselenggarakan oleh manajemen mal ataupun pusat perbelanjaan tempat gerai berlokasi. Perseroan juga menyediakan ruang untuk unit kesehatan di setiap gerainya. Matahari memiliki catatan keselamatan yang baik, tidak pernah ada karyawan yang mengalami kecelakaan di tempat mereka bekerja.

PROGRAM PENGEMBANGAN KOMUNITAS

    Matahari menyalurkan dukungannya terhadap komunitas melalui kemitraan dengan sejumlah organisasi yang telah terbukti dalam pemberdayaan komunitas untuk memperbaiki kesehatan, pendidikan, dan mata pencaharian.

    Sebagian dana yang diberikan Matahari digalang secara langsung dari konsumen, dimana konsumen dapat memilih untuk menyumbangkan koin kembalian di kasir untuk organisasi atau tujuan tertentu. Skema ini sederhana, sukarela dan sangat transparan, sehingga program ini sangat populer di kalangan konsumen dan telah membantu secara langsung dalam memperbaiki kehidupan beberapa ribu orang yang layak dibantu selama bertahun-tahun.

Pada tahun 2015, program pengembangan komunitas Matahari memberikan kontribusi sebagai berikut:

Pendidikan

Perseroan menyalurkan dana sebesar Rp 4.104.460.208,- untuk mendukung beberapa yayasan amal dan lembaga pendidikan:
• Donasi melalui UNICEF untuk pengembangan program pencegahan kekerasan terhadap anak yang dijalankan oleh UNICEF di berbagai kota di Indonesia.
• Donasi untuk membantu penyediaan buku dan seragam sekolah untuk pelajar sekolah Lentera Harapan.
• Bantuan dana untuk Sekolah Perawat Universitas Pelita Harapan.
• Bantuan renovasi bagi Sekolah Islam Madany di Parung Panjang.
• Dana bantuan bagi Sekolah Papua Harapan di Mamit, Papua.


Kesehatan

Total dana sebesar Rp 1.420.439.728,- disalurkan ke:
• Donasi kepada Yayasan Denyut Jantung.
• Donasi konsumen digunakan untuk mengadakan operasi hernia secara gratis untuk masyarakat yang membutuhkan. Program ini merupakan kolaborasi Matahari dengan Yayasan Obor Berkat Indonesia.
• Penyediaan masker gratis untuk pelanggan dan karyawan yang terkena dampak kabut asap di Sumatera pada Oktober 2015. Masker tersebut didistribusikan di Palembang, Riau, Pekanbaru, Padang dan wilayah sekitarnya.

Donasi Amal

Perseroan memberikan dana sebesar Rp 1.684.125.681,- baik berasal dari uang kembalian konsumen maupun dalam bentuk donasi Perseroan, kepada beberapa yayasan sosial sebagai berikut:
  •  Donasi KAFFAH bagi kegiatan spiritual karyawan pada bulan Juli 2015.
  •  Donasi melalui Yayasan Bintang Firdaus bagi masyarakat Flores yang membutuhkan.
  •  Donasi kepada Yayasan Dompet Dhuafa Republika untuk program pendidikan, kesehatan dan lingkungan hidup.
  •  Donasi bagi Lembaga Keagamaan di Lombok Barat, NTB; dan Ende, NTT.
  •  Donasi acara Natal Persekutuan Doa Menara Matahari pada bulan Desember 2015.

Donasi Perseroan senilai total Rp 100 juta diberikan kepada sejumlah panti sosial sehubungan dengan pembukaan gerai baru Matahari Department Stores di berbagai kota, yaitu:
  •  Singkawang, Kalimantan Barat
  •  Bau-bau, Sulawesi Tenggara
  •  Karawang, Jawa Barat
  •  Sleman, DIY


PELAYANAN KOMUNITAS YANG DIBERIKAN LANGSUNG OLEH KARYAWAN

    Matahari mendukung sejumlah inisiatif yang diselenggarakan oleh asosiasi karyawan Perseroan, IKM, yang memiliki cabang di setiap gerainya. Aktivitas ini diadakan dan diimplementasikan oleh karyawan Matahari yang menginvestasikan waktu dan keahliannya untuk mencapai tujuan dan memenuhi kebutuhan komunitas lokal. Hal ini turut memperkuat ikatan antara gerai Matahari dengan komunitas yang mereka layani, sehingga meningkatkan citra Perseroan.

    Manajemen percaya bahwa keterlibatan Matahari secara langsung dan tidak langsung dengan komunitas di seluruh Indonesia melalui program tanggung jawab sosialnya telah membawa manfaat signifikan dan berkelanjutan, baik untuk komunitas terkait maupun Perseroan sendiri.



Source  :
http://www.matahari.co.id/common/news_detail/75/146
http://dufrens.blogspot.co.id/2015/02/analisi-manajemen-sumber-daya-manusia.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

#PetGame Interaksi Fisik Dalam Teknologi Game

Komputasi dan Paralel Processing