#petgame Sejarah Game


Super Mario Bros

    Super Mario Bros. (スーパーマリオブラザーズ Sūpā Mario Burazāzu?, dikenal juga sebagai Mario, Super Mario atau SMB) adalah suatu permainan platform yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Nintendo pada akhir 1985 untuk konsol Nintendo Entertainment System. Permainan ini membawa pengaruh yang besar pada perkembangan dunia hiburan rumahan dan merupakan salah satu permainan terlaris dengan penjualan lebih dari 40 juta salinan hingga saat ini. Dengan latar permainan yang cerah dan alur cerita yang berkembang, Super Mario Bros. berhasil mengubah wajah industri permainan video. Meskipun sering disalah persepsikan sebagai permainan platform bergulir (scrolling) pertama (yang pada kenyataannya paling tidak ada setengah lusin permainan serupa yang telah muncul sebelumnya), Super Mario Bros. bisa dianggap sebagai pelopor jenis permainan tersebut unruk media permainan konsol. Dengan menyuguhkan tingkat yang berbeda pada setiap babak serta perkembangan karakter yang unik, permainan ini menjadi salah satu standar dalam permainan video rumahan.


Source :
https://id.crowdvoice.com/


Tic Tac Toe






    Tic-tac-toe (atau dikenali sebagai permainan X dan O) ialah sebuah permainan pensil dan kertas untuk dua pemain, X dan O, yang bergilir-gilir untuk membuat tanda tersebut di dalam sebuah grid 3x3. Biasanya, pemain X yang mulakan permainan. Pemain yang berjaya meletakkan tiga tanda mereka berturut-turut sama ada mendatar, menegak, atau menyerong memenangi permainan ini.
Sejarah

    Versi awal Tic-tac-toe diperkenalkan dan dimainkan pada zaman Empayar Rom, sekitar abad pertama BC diberi nama Terni Lapilli. Pemain perlu meletakkan tanda mereka di ruang kosong untuk terus bermain dan permainan ini dimenangai dengan pemain pertama yang berjaya meletakkan tiga tanda mereka berturut-turut. Namun begitu, menurut buku Tic Tac Toe: And Other Three-In-A Row Games from Ancient Egypt to the Modern Computer yang ditulis oleh Claudia Zaslavsky, permainan Tic-tac-toe mungkin berasal dari zaman Mesir Purba. Permainan lain yang menyerupai Tic-tac-toe ialah Three Men's Morris yang juga dimainkan di atas grid ringkas dan memerlukan tiga tanda sama berturut-turut untuk menang.

    Cetakan pertama yang berkaitan dengan permainan ini diberi nama Noughts and crosses muncul pada tahun 1864. Dalam novelCan You Forgive Her, 1864, Anthony Trollope merujuk kepada seorang kerani yang bermain tit-tat-toe. Pada tahun 1952, permainan video bertajuk OXO merupakan permainan video pertama untuk permainan Tic-tac-toe yang dikeluarkan untuk komputer EDSAC. Dalam permainan video ini, pemain boleh melawan pemain komputer.


Source :
https://chrome.google.com/webstore/detail/tic-tac-toe-game/fdnmbcjbicdmmjmodfmdapkniodnbpdn?hl=id



Crash Team Racing






    Crash Team Racing atau yang biasa disebut oleh para gamers yaitu CTR adalah suatu video game yang bergenre balap (Racing) yang dikembangkan oleh Naughty Dog dan diterbitkan oleh Sony Computer Entertainment untuk PlayStation. Permainan ini dirilis di Amerika Utara pada tanggal 30 September 1999 di Eropa dan Australia pada akhir tahun yang sama. Selain into, game ini dirilis ulang untuk Sony Greatest Hits line-up pada tahun 2000 dan untuk Range Platinum pada tanggal 12 Januari 2001. Game ini kemudian ditambahkan ke PlayStation yang ada di toko Eropa pada tanggal 18 Oktober 2007, di toko Jepang pada tanggal 11 Juni 2008 dan akhirnya ke toko Amerika Utara pada 10 Agustus 2010.
    CTR telah terjual lebih dari 1,71 juta unit di Eropa, 2,64 juta unit di Amerika Serikat dan hanya di bawah 500.000 unit di Jepang. Sebagai hasil dari keberhasilannya, permainan ini kemudian dirilis ulang untuk Sony Greatest Hits line-up pada tahun 2000 dan untuk Range Platinum pada tanggal 12 Januari 2001. Kemudian CTR juga dirilis pada tahun 2003 untuk PlayStation 2, Xbox, Nintendo GameCube, Game Boy Advance dan N-Gage dan game pertama dalam seri Crash Bandicoot.

Source :
https://id.techinasia.com/review-crash-team-racing





Konsol Game Dari Masa ke Masa


    Siapa yang tidak kenal istilah game? Siapa yang belum pernah bermain game? Pasti semua dari kalian pernah memainkan game di berbagai perangkat elektronik atau komputer, salah satu yang terkenal adalah video game console.Semenjak pertama kali hadir, video game console menghadirkan dimensi yang berbeda dalam bermain game. Ya, dengan mesin ini kamu bisa bermain game di dalam rumah hanya dengan bantuan TV. Konsol game terus berevolusi seiring perkembangan teknologi, dari kualitas grafis, controller yang menggunakan kabel kini telah berkembang menjadi nirkabel, bahkan konsol game masa kini juga menyertakan Broadband yang berguna untuk mengakses internet. Saat ini tercatat konsol game memasuki generasi kedelapan, dan berikut perkembangannya:

Konsol Game Generasi Pertama

    Pada tahun 1966, video game mulai memasuki babak awal perkembangannya. Ide-ide kreatif bermunculan, dan sebagian besar dimotori oleh mahasiswa-mahasiswa yang menghabiskan waktu luangnya dengan memanfaatkan fasilitas teknologi informasi di kampus. Konsol game Baer yang prototipenya diberi nama Brown Box, kemudian meluncur dengan nama Magnavox Odyssey (Mei 1972), berisi 16 game built-in yang dapat diganti-ganti dengan menggunakan sebuah switch. Terjual sampai 200.000 unit, Magnavox Odyssey tercatat sebagai konsol video game pertama di dunia.

Konsol Game Generasi Kedua

    Dalam sejarah video game, generasi kedua (biasa disebut sebagai awal era 8 bit atau kurang lebih 4 bit era) dimulai pada tahun 1976 dengan merilis Fairchild Channel F dan Radofin 1292 Advanced Programmable Video sistem. Di era generasi kedua ini yang menjadi primadona konsol game adalah konsol game ATARI ,di antaranya adalah: Fairchild Channel F, Atari 2600, Magnavox Odyssey ver. 2, Atari 5200.

Konsol Game Generasi Ketiga

    Generasi ketiga dimulai pada tahun 1983 dengan dipasarkannya Japan Family Computer atau lebih dikenal dengan nama FAMICOM (kemudian dikenal sebagai Nintendo Entertainment System di seluruh dunia). Walaupun konsol generasi sebelumnya juga menggunakan 8-bit processor, pada akhir generasi inilah konsol rumah yang pertama kali diberi label oleh mereka “bit.” Di Amerika Serikat, generasi ini di game ini terutama didominasi oleh NES / Famicom. Di era ini pulalah terjadi perang konsol game yang pertama antara perusahaan konsol Nintendo dengan SEGA. Menyoal video game 8-bit, Wadezig! pernah membahasnya di artikel ini.

Konsol Game Generasi Keempat

    Generasi ini disebut-sebut sebagai “zaman emas” dalam dunia video game. Masa di mana konsol 16-bit muncul dan membawa perubahan drastis pada grafik, tata suara, dan gameplay. Era ini juga kian memanas saat terjadinya persaingan seru antara Sega dan Nintendo. Pada tahun 1990, Sega menggelontorkan Sega Megadrive/Genesis, konsol 16-bit yang memukau perhatian pecinta game, khususnya Amerika. Selanjutnya, Sega merilis game yang akhirnya menjadi maskot Sega, Sonic the Hedgehog (1991). Game ini lagi-lagi mencengangkan para pecinta game, karena game tersebut memiliki grafik dan tata suara yang kualitasnya jauh di atas Super Mario Bros yang merupakan game buatan Nintendo.

Rivalitas yang legendaris, Super NES dan Mario Brothers sebagai ikonnya melawan SEGA Mega Drive dan Sonic the Hedgehog sebagai ikonnya.

Konsol Game Generasi Kelima

    Era 32-bit dan 64-bit ini diawali dengan penyelenggaraan Electronic Entertainment Expo (E3) untuk pertama kalinya di Los Angeles Convention Center. Inilah ajang hiburan dan game terbesar di Amerika yang masih terus diadakan hingga sekarang. Selanjutnya, Sony merilis Sony PlayStation (1995), diikuti dengan Nintendo 64 (1996). Untuk kali ini, persaingan dimenangkan Sony karena Nintendo memutuskan untuk tidak meng-upgrade ke CD-ROM dan tetap menggunakan cartridge. Tentu saja developer lebih melirik CD-ROM, karena biaya produksi lebih murah dan kapasitas penyimpanan lebih besar. Sega pun merilis Sega Saturn, konsol game yang juga berbasis CD-ROM dan memiliki delapan prosesor. Sayang, konsol ini harus tersingkirkan oleh dominasi Nintendo dan Sony.

Konsol Game Generasi Keenam

    Generasi keenam dibuka dengan peluncuran konsol terakhir Sega, Dreamcast (1999). Konsol unik ini memiliki fitur game online, dan merupakan konsol game 128-bit pertama. Sayang, Sega gulung tikar dan memutuskan untuk hengkang dari dunia konsol game dua tahun berikutnya. Pada tahun 2001, Sony menggeber PS2, disusul Nintendo dengan GameCube-nya. Kali ini, keduanya menuai kesuksesan yang hampir berimbang, meskipun PS2 masih menduduki peringkat teratas. Pada era ini, Nintendo juga mengeluarkan dua konsol genggam, yaitu Gameboy Advance, dan Nintendo DS, handheld terbaru Nintendo yang berlayar ganda dan memiliki fitur online serta touch sensitive. Sony pun mengeluarkan versi ekonomis dari PS, yaitu PSone. Lalu, mereka memproduksi handheld pertamanya, PlayStation Portable (PSP) yang hingga saat ini terus membayangi kesuksesan Nintendo DS.

Konsol Game Generasi Ketujuh

    Microsoft telah menggeber XBox 360, sementara itu Sony dan Nintendo dengan PS3 dan Wii. Pada generasi ketujuh ini konsol game memiliki grafis 3D yang sangat real. selain itu juga pada generasi ini konsol game juga menggunakan fitur-fitur yang ada di komputer, seperti wifi dan koneksi internet. Sehingga memungkinkan masing-masing device saling terhubung dan para pengguna bisa bermain secara multiplayer walaupun terpisah ruang.

Konsol Game Generasi Kedelapan

    Di generasi kedelapan, konsol game semakin canggih dengan berbagai dukungan sensor hingga hadirnya fitur-fitur yang tidak hanya mampu sebagai konsol game, namun juga mampu sebagai Multimedia-Machine. Seperti Microsoft XBOX-One dengan Sensor Kinect , Nintendo Wii-U dengan sensor Wii Remote dan Playstation 4 dengan Sensor Playstation Move.

Source :
http://www.wadezig.com/2015/konsol-game-dari-masa-ke-masa/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas 2 SDM Pada Perusahaan dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

#PetGame Interaksi Fisik Dalam Teknologi Game

Komputasi dan Paralel Processing