#petgame Scene Graph ( Ogre 3d, Game Maker, Unity 3d )

Scene Graph

    adalah suatu teknik pengelolaan data atau struktur data yang biasanya dipakai pada suatu aplikasi rekayasa grafis berbasis vektor dan pemodelan tiga dimensi baik itu untuk keperluan video game ataupun yang lainnya dengan menggunakan konsep graf berarah dan pohon m-ary. Beberapa program yang menggunakan Scene Graph ini adalah AutoCad, Adobe Illustrator, Corel Draw, dll. Pengertian teoritis dari Scene Graph ini sebenarnya tidak jelas atau kabur dikarenakan para programmer yang menggunakan Scene Graph pada sebuah aplikasi hanya mengambil prinsip dasarnya lalu mengimplementasikannya pada aplikasi tersebut sesuai fungsi dari aplikasi tersebut.




Pengertian Game Maker

    Game maker merupakan aplikasi game editor yang bersifat free atau gratis. Software ini bisa digabungkan dengan bahasa pemograman lain seperti C++, berguna bagi yang ingin membuat game bertipe Arcade(2D), juga sudah disediakan sampel game yang dibuat dengan software ini, diantara software itu pasti ada satu yang dikenal yaitu game “1945″.

    Game maker memungkinkan untuk membuat permainan dengan menggunakan drag-and-drop sederhana,sehingga tidak perlu memiliki pengalaman coding sebelumnya. Ini mencakup pilihan bahasa pemrograman untuk menambahkan fitur-fitur canggih pada permainan tanpa perlu menulis satu baris kode..

    Software ini juga dapat membuat permainan mencari profesional dalam sedikit waktu dan membuat game dengan latar belakang, animasi grafis, musik dan efek suara bahkan game 3D. Jika telah memiliki banyak pengalaman, ada built-in bahasa pemrograman, yang memberikan fleksibilitas penuh menciptakan permainan dengan Game Maker.

Aplikasi yang digunakan dalam game maker :

  • v System Operasi : Windows Me/2000/XP/Vista
  • v Prosesor : Min P3-500,rekomendasi Intel Pentium Core 2 Quad
  • v Memori : Min 512 MB,rekomendasi 2 GB
  • v Harddisk : free space 250 MB
  • v VGA Card : Support OpenGL & Direct X
  • v Direct X9.oc
  • v Speaker multimedia

Komponen pada game maker :

  • v Sprite
Sprite merupakan visualisasi gambar yang akan digunakan untuk mempresentasikan objek pada game. Sprite dapat berupa gambar diam dan dapat juga gambar animasi.
  • v Object
Object digunakan sebagai fungsi variable game. Pada fungsi ini,sprite yang telah dibuat akan didefinisikan dengan memberikan event dan action
  • v Background
Background digunakan untuk memberikan tampilan pada game dalam bentuk gambar
  • v Room
Room digunakan untuk menerapkan objek pada ruang game, room dapat juga disebut dengan level game.








    Unity merupakan ekosistem pengembangan game: mesin render yang kuat terintegrasi dengan satu set lengkap alat intuitif dan alur kerja yang cepat untuk membuat konten 3D interaktif, penerbitan multiplatform yang mudah, ribuan kualitas, aset siap pakai di Asset Store dan berbagi pengetahuan di komunitas.

Untuk developer dan studio independen, Unity dengan demokratisasi ekosistem menghancurkan waktu dan biaya hambatan untuk menciptakan permainan unik dan indah. Mereka menggunakan Unity untuk membangun penghidupan melakukan apa yang mereka suka: menciptakan permainan yang menghubungkan dan menyenangkan pemain pada platform apapun.

Unity Software

    Unity merupakan suatu aplikasi yang digunakan untuk mengembangkan game multi platform yang didesain untuk mudah digunakan. Unity itu bagus dan penuh perpaduan dengan aplikasi yang profesional. Editor pada Unity dibuat degan user interface yang sederhana. Editor ini dibuat setelah ribuan jam yang mana telah dihabiskan untuk membuatnya menjadi nomor satu dalam urutan rankking teratas untuk editor game. Grafis pada unity dibuat dengan grafis tingkat tinggi untuk OpenGL dan directX. Unity mendukung semua format file, terutamanya format umum seperti semua format dari art applications. Unity cocok dengan versi 64-bit dan dapat beroperasi pada Mac OS x dan windows dan dapat menghasilkan game untuk Mac, Windows, Wii, iPhone, iPad dan Android.

    Unity secara rinci dapat digunakan untuk membuat video game 3D, real time animasi 3D dan visualisasi arsitektur dan isi serupa yang interaktif lainnya. Editor Unity dapat menggunakan plugin untuk web player dan menghasilkan game browser yang didukung oleh Windows dan Mac. Plugin web player dapat juga dipakai untuk widgets Mac. Unity juga akan mendukung console terbaru seperti PlayStation 3 dan Xbox 360. Pada tahun 2010, telah memperoleh Technology Innovation Award yang diberikan oleh Wall Street Journal dan tahun 2009, Unity Technology menjadi 5 perusahaan game terbesar. Tahun 2006, menjadi juara dua pada Apple Design Awards.


Ogre 3d

    Sebuah adegan grafik adalah salah satu konsep yang paling banyak digunakan dalam pemrograman grafis. Sederhananya, itu adalah cara untuk menyimpan informasi tentang adegan. Kita sudah membahas bahwa adegan grafik memiliki akar dan diatur seperti pohon. Tapi kami tidak menyentuh pada fungsi yang paling penting dari grafik adegan. Setiap node dari grafik adegan memiliki daftar anak-anak serta transformasi dalam ruang 3D. Transformasi ini terdiri dari tiga aspek, yaitu, posisi, rotasi, dan skala. Posisi triple (x, y, z), yang jelas menggambarkan posisi node dalam adegan. Rotasi disimpan menggunakan angka empat, konsep matematika untuk menyimpan rotasi dalam ruang 3D, tapi kami bisa memikirkan rotasi sebagai nilai floating point tunggal untuk setiap sumbu, menggambarkan bagaimana node diputar menggunakan radian sebagai unit. Scaling cukup mudah; lagi, menggunakan triple (x, y, z), dan masing-masing bagian dari triple hanya faktor untuk skala sumbu dengan. 
    Hal penting tentang adegan grafik adalah bahwa transformasi adalah relatif terhadap induk dari node. Jika kita mengubah orientasi orang tua, anak-anak juga akan terpengaruh oleh perubahan ini. Ketika kita bergerak induk 10 unit sepanjang sumbu x, semua anak juga akan dipindahkan oleh 10 unit sepanjang sumbu x. Orientasi akhir dari setiap anak dihitung dengan menggunakan orientasi semua orang tua. Fakta ini akan menjadi lebih jelas dengan diagram berikutnya.


Posisi MyEntity dalam adegan ini akan ( 10,0,0 ) dan MyEntity2 akan berada di ( 10,10,20 ) .

fitur produktivitas

  • Sederhana , mudah digunakan OO dirancang untuk meminimalkan upaya yang diperlukan untuk membuat adegan 3D , dan untuk menjadi independen dari implementasi 3D yaitu Direct3D / OpenGL .
  • Misalnya kerangka extensible membuat mendapatkan menjalankan aplikasi Anda cepat dan sederhana
  • persyaratan umum seperti membuat manajemen negara , pemusnahan spasial , berhubungan dengan transparansi dilakukan untuk anda secara otomatis menghemat waktu yang berharga
  • Bersih , desain rapi dan dokumentasi penuh dari semua kelas mesin
  • Terbukti , mesin stabil digunakan dalam beberapa produk komersial

Platform & API 3D dukungan

  • Direct3D 9 & 11 , OpenGL ( termasuk . ES , ES2 , ES3 dan OGL3 + ) dan WebGL ( Emscripten ) dukungan Jendela ( semua versi utama ) , Linux , Mac OSX , Android , iOS , Windows Phone & WinRT 
  • dukungan Didasarkan pada berbagai kompiler seperti MSVC , GCC 3+ atau dentang


Fitur adegan

Sangat disesuaikan , manajemen adegan fleksibel , tidak terikat pada jenis adegan tunggal . Gunakan kelas standar untuk adegan organisasi jika mereka sesuai atau pasang di subclass Anda sendiri untuk mendapatkan kontrol penuh atas organisasi adegan
Beberapa contoh plugin menunjukkan berbagai cara penanganan adegan khusus untuk jenis tertentu dari tata letak ( mis BSP , octree )
Hirarkis adegan grafik ; node memungkinkan objek yang akan melekat satu sama lain dan mengikuti setiap gerakan lain , struktur diartikulasikan dll
Beberapa teknik bayangan rendering, teknik baik modulative dan aditif , stensil dan tekstur berbasis , masing-masing sangat dapat dikonfigurasi dan mengambil keuntungan penuh dari setiap akselerasi perangkat keras yang tersedia .

Perbedaan Antara Ogre3D, GameMaker dan Unity3D

Ogre3D (Open Source)
Object Oriented Graphics sebuah game yang fleksibel yang berbasis scene dan menggunakan bahasa C++ dalam pembuatan game. sayangnya hanya sebuah rendering engine tidak dilengkapi dengan tool jaringan, suara dan lain sebagainya sehingga kurang efisien dibandingkan dengan game engine yang lain.

Unity3D
Kemampuan multi platform dan costumisasinya membuat game engine ini banyak dipakai ketimbang game engine yang lain Ogre3D dan GameMaker bahasa pemrograman yang mengharuskan belajar C# dan Javascript.

GameMaker
GameMaker biasanya digunakan untuk membuat game 2D dan pihak GameMaker mengalami perbaikan agar pembuatan game jauh lebih efisien, GameMaker sendiri mempunyai fitur Drag and Drop sehingga mempermudah dalam membuat game dibandingkan game engine yang lainnya dan tidak terlalu banyak menggunakan bahasa pemrograman.


Kesimpulan dari perbedaan ketiga game engine menurut saya diluar sana banyak sekali game engine yang berbayar maupun yang open source sehinnga kita bisa belajar sesuai apa yang ingin kita buat. Jadi intinya memilih game engine sesuai dengan genre gamenya dan fitur yang diberikan antara game engine yang masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan sehingga mempermudah kita dalam membuatnya.

Source :

http://unity3d.com/
http://www.kaskus.co.id/thread/53a82971a1cb17ca7d8b4573/kaskus-indonesian-game-developer-discussion-thread/
http://www.slideshare.net/IndieOutpost/gamemakerstudio
https://www.packtpub.com/books/content/ogre-scene-graph

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas 2 SDM Pada Perusahaan dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

#PetGame Interaksi Fisik Dalam Teknologi Game

Komputasi dan Paralel Processing